Text Widget

Kamis, 29 Mei 2014



SAKA BHAYANGKARA MITRA KAMTIBMAS

Kapolsek Jatinegara, AKP Rudi Wihartana SH menyematkan badge Saka Bhayangkara.


JATINEGARA - Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional.

Menurut Kapolsek Jatinegara, AKP Rudi Wihartana SH, kegiatan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Bhayangkara yang dikemas dalam krida - krida bertujuan membentuk watak dan karakter yang profesional dan handal bagi anggota Saka Bhayangkara. "Saka Bhayangkara adalah mitra Kamtibmas yang akan membantu tugas kepolisian secara terbatas," kata AKP Rudi Wihartana saat membuka pelantikan Saka Bhayangkara Polsek Jatinegara belum lama ini.

 Oleh karena itu, lanjut Rudi, Polri sangat mendukung berbagai upaya yang dilakukan untuk mengaktifkan kegiatan Saka Bhayangkara. Terlebih Gerakan Pramuka sekarang sudah mempunyai dasar yang sangat kuat yaitu Undang - Undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010. "Harapannya, kegiatan yang digelar dapat menciptakan kader Pramuka yang handal guna membantu mewujudkan Kamtibmas," tandasnya.

Pamong Saka Bhayangkara Polsek Jatinegara, Bripka Wahyu Hidayat menjelaskan, Saka Bhayangkara Polsek Jatinegara angkatan pertama berjumlah anggota 25 anggota aktif. Mereka berasal dari Penegak pangkalan SMA Ma'arif NU Jatinegara dan SMK Grafika Jatinegara. "Pelantikan angkatan I telah dilaksanakan Kamis (29/5) lalu di halaman Mako Polsek. Ditandai dengan pemasangan Badge Saka Bhayangkara dan prosesi Siraman," ujarnya kemarin.

 Bripka Wahyu melanjutkan, sehari sebelumnya yakni pada Rabu (28/5) diberikan pembekalan dan beragam kegiatan bagi calon anggota yang meliputi materi krida Bhyangkara dan survival. "Selain pemberian materi krida, anggota Saka juga melakukan jelajah menelusuri beberapa pemukiman dan hutan yang diawali start dari halaman Mako Polsek Jatinegara. Mereka cukup semangat dan disiplin, karena disiplin merupakan kunci keberhasilan dari kegiatan ini," imbuhnya

Kegiatan pelantikan Saka Bhayangkara Polsek Jatinegara turut dihadiri beberapa pangkalan Saka Bhayangkara Polsek di wilayah Polres Tegal diantaranya Polsek Pangkah, Polsek Lebaksiu dan Polsek Bojong serta Pengurus Kwarran Jatinegara. "Terimakasih atas kehadiran pangkalan Saka Bhayangkara dari Polsek lain. Ini salah satu bentuk sinergitas antara Saka Bhayangkara Jatinegara dengan Pangkalan Polsek lainnya yang ada di wilayah Polres Tegal serta Kwarran Jatinegara," pungkasnya.





1 komentar:

  1. Kak Ayo saling berkunjung di blog kami kak
    http://mtsnusitailjatinegara.blogspot.com/

    BalasHapus